RSS

Kejadian-Kejadian “Di Sekitar” Kita

15 Oct

Pada masa sekarang, sudah beberapa kejadian-kejadian tentang UFO dan Alien yang masuk berita, baik lokal maupun internasional. Ketika berita itu muncul lagi dan lagi pertanyaanpun muncul di benak kita. Apakah itu nyata atau media hanya mencari sensasi untuk mendapatkan rating bagi perusahannya? Adakah peningalan-peninggalan di masa lampau tentang keberedaan “makhluk asing” ini?. Dan seringkalipun kita bertanya pada diri kita sendiri, apa mungkin Tuhan YME menciptakan alam semesta luar angkasa yang luasnya tidak terhingga hanya mempunyai kehidupan di planet bumi saja?, apakah ada keyakinan atau kitab suci yang membahas tentang kehidupan luar terebut?.

Oh iya, saya ingin sedikit meluruskan pengertian tentang UFO a.k.a Unidentified Flying Objek. Biasanya orang awam menganggap UFO itu piring terbang. Tapi penafsiran itu tidak sepenuhnya benar ataupun salah. Tidak harus berbentuk piring, bisa saja berbentuk kotak/kubus, segitiga/pyramid dan lain-lain. Karena pengertian UFO bila di tafsikan kedalam bahasa Indonesia adalah Objek Terbang Tidak Teridentifikasi. Tapi karena jenis UFO yang sering ter-ekspose ke media adalah jenis berbentuk berupa piring terbang sehingga tertanam di benak sebagian orang UFO = piring terbang.

Dalam ilmu mempelajari “Kehidupan Luar” ini ada istilah Ektraterestrial, didefinisikan sebagai kehidupan yang tidak berasal dari planet bumi. Keberadaan kehidupan di luar planet bumi ini masih sebatas teori dan semua perkiraan mengenai kehidupan tersebut tetap berlangsung. Stephen Hawking berpendapat bahwa tidak mungkin kehidupan hanya ada di bumi saja.

Hipotesa-hipotesa mengenasi asal muasal kehidupan ekstraterestrial adalah sebagai berikut :

  1. Mengusulkan bahwa mungkin muncul secara mandiri dari berbagai tempat di alam semesta
  2. Kehidupan muncul dari satu lokasi kemudian menyebar antara planet-planet berpenghuni.

Studi dari kehidupan ekstraterestrial dikenal sebagai astrobiologi, eksobiologi atau xenobiologi. Bentuk-bentuk kehidupan ekstraterestrial dimulai dari pada skala bakteri sampai pada makhluk cerdas.

Sebelum kita berpikir lebih jauh tentang “Kehidupan Luar” mari kita sedikit pelajari tentang keadaan Tata Surya dan Alam Semesta kita.
Untuk gambaran lebih jelasnya tentang luasnya alam semesta kita perhatikan gambar dibawah ini :

Planet Yang Kita Ketahui Selama Ini

Perbandingan Tata Surya Kita Dengan Planet Luar

Perbandingan 2 Galaksi dari Ratusan/Ribuan Galaksi Yang Ada

Gambar Cluster Galaksi Yang Berjarak 9.6 Juta Tahun Cahaya

Sekilas tentang galaksi, galaksi merupakan kumpulan benda-benda langit yang jumlahnya jutaan bahkan miliaran yang terdiri dari ; bintang, planet, gas, debu, nebula dan benda langit lainnya. Dan pada gambar galaksi diatas matahari yang kita anggap sebagai “benda” terbesar di tata surya kita dipastikan hanya sebesar debu bahkan mungkin tidak keliatan.

Jadi tidak salah kita berfikir “apa mungkin tidak ada kehidupan lain selain di Galaksi Bima Sakti yang kita huni skarang ini, kan Tuhan ga akan menciptakan sesuatu yang sia-sia, jadi untuk apa alam semesta yang begitu luar biasa besar ini?”.

Ilmuwan berusaha mencari bukti kehidupan uniselular di Tata Surya dengan melakukan penelitian terhadap permukaan planet Mars dan batu meteor yang jatuh ke bumi. Sebuah misi ke Europa, salah satu bulan Yupiter yang diduga memiliki air dibawah permukaannya juga di gagaskan.

Terdapat bukti terbatas bahwa kehidupan mikrobial mungkin ada di Mars. Eksperimen pada progam Viking melaporkan adanya proses emisi gas dari lapisan tanah panas Mars yang diduga sebagai bukti kehadiran mikroba. Namun tidak ada bukti kuat mengenai hipotesis tersebut. Pada tahun 1996, suatu struktur yang menyerupai nanobakteria dilaporkan ditemukan di meteor ALH84001. Laporan ini kontorvesial dan perdebatan terus berlanjut.

Pada Februari 2005, ilmuwan NASA melaporkan bahwa mereka menemukan bukti kuat adanya  kehidupan di Mars. Kedua ilmuan tersebut, Carol Stoker dan Larry Lemke mengklaim bahwa tanda metana yang ditemukan di atmosfer Mars menyerupai proses produksi metana oleh kehidupan primitif di Bumi. NASA menolak klaim kedua ilmuwan tersebut.

Pada tahun 2010, dari data satelit Cassini, para ahli NASA menemukan bukti penting yang menunjukkan adanya kehidupan alien primitif di Titan, bulan dari Saturnus. Para ahli tersebut menyimpulkan dalam dua makalah, yaitu

  1. Dalam jurnal Icarus, dinyatakan bahwa hidrogen yang mengalir di atmosfer planet menghilang di permukaan, yang menunjukkan bahwa alien mungkin bernafas.
  2. Dalam jurnal Geophysical Research, disimpulkan bahwa terjadi kekurangan bahan kimia di permukaan. Zat-zat tersebut mungkin dikonsumsi oleh suat kehidupan. Chris McKay, astrobiologi di pusat penelitian NASA, menyatakan bahwa proses konsumsi hidrogen ini mirip dengan proses manusia mengkonsumsi oksigen di Bumi

Terdapat gagasan bahwa alien mungkin mengeluarkan sinyal ke angkasa. Gagasan ini tidak pasti namun proyek-proyek seperti SETI (Search for Extra-Terrestrial Intelligence) dibuat untuk mencari sinyal radio dari kehidupan ekstraterestrial.

Gagasan mengenai tempat tinggal kehidupan ekstraterestrial terus berkembang, seperti di Venus dan Mars, bulan-bulan yang dimiliki oleh Yupiter dan Saturnus seperti ; Europa, Encaladus dan Titan, serta planet luar tata surya kita seperti Gliese 581 C dan Gliese 581 D serta OGLE-2005-BLG-390Lb.

Kita tunggu saja kabar dari ilmuwan tersebut, apakah benar planet yang berpotensi untuk ditinggali benar-benar bisa ditinggali atau tidak. Pada kesempatan selanjutanya saya akan mencoba membahas lebih detail tentang peninggalan dan penampakan yang diduga bagian dari makhluk ekstraterestrial tersebut.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on October 15, 2010 in SoftSkill

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: